Cara Setting dan Konfigurasi Access Point


Image result for access point wallpaper
Definisi dan Manfaat:
Access point merupakan sebuah perangkat dalam jaringan komputer yang dapat menciptakan jaringan lokal nirkabel atau WLAN (Wireless Local Area Network). Access point akan dihubungkan dengan router atau hub atau switch melalui kabel Ethernet dan memancarkan sinyal wifi di area tertentu. Untuk dapat terhubung dengan jaringan lokal yang telah dikonfigurasikan tersebut, perangkat harus melalui access point.
Access point berguna saat dibutuhkan jika Anda ingin membuat sebuah infrastruktur jaringan wireless. Dengan menggunakan AP, maka sebuah jaringan komunikasi akan terbentuk tidak hanya dua atau tiga perangkat saja yang dapat berkomunikasi tetapi cukup banyak yang dapat saling berbicara dengan perantara sinyal radio ini. Selain itu dengan menggunakan AP, jaringan kabel dengan wireless juga dapat berhubungan sehingga komunikasi jaringan menjadi lebih lebar. Pengaplikasian AP yang banyak dilakukan saat ini adalah melakukan pembagian bandwidth Internet dari link Internet ADSL atau Kabel, sehingga dapat digunakan oleh banyak orang. AP juga dapat memperluas jangkauan jaringan Anda menjadi lebih lebar daripada jaringan kabel Anda yang ada.

Alat dan Bahan:
1.      Sebuah PC
2.      Access Point
3.      Kabel UTP

Setting dan Konfigurasi Acces Point TP-LINK
1.    Pertama jelas, siapkan Access Pointnya, kemudian pasang antena, kabel arus/power,  kabel LAN pada Access Point dan koneksikan kabel LAN ke komputer.
2.    Setting IP Address dengan cara masuk ke Control Panel – Network Connections – double   click pada icon Local Area Connection – pilih Internet Protocol TCP/IP – klik Properties –     pilih Use the following IP Address.
3.     Isikan IP Address, misal :IP Address : 192.168.1.2
 Subnet mask : 255.255.255.0
 Preferred DNS server : 192.168.1.254
 Kemudian klik OK – Close.
4.   Selanjutnya kita panggil IP Address komputer dan IP Address pada Access Point (TP-LINK) untuk mengetes apakah sudah terkoneksi dengan benar.
Klik Start – Run – ketikkan cmd tekan enter – setelah masuk ke command prompt, kita panggil IP Address komputer terlebih dahulu caranya ketik:
   ping 192.168.1.2 — tekan Enter

5.    Jika berhasil maka akan keluar pesan “Reply from ….”
6.  Sekarang tinggal kita panggil IP Address pada Access Pointnya, untuk mengetahui IP Addressnya silakan lihat pada bagian bawah Access Point. Disana terdapat username, password, dan IP Addressnya. Misal IP Addressnya 192.168.1.254, maka ketikkan pada command prompt sbb:
ping 192.168.1.254 — tekan Enter

7.   Jika berhasil maka akan keluar pesan “Reply from ….”
8.   Nah, sekarang tinggal penyettingan Access Pointnya. Buka browser misal Firefox,  ketikkan IP Address Access Point tadi (192.168.1.254) pada Address bar tekan Enter.

9.    Masukkan username dan password Access Point (username dan password bisa Anda lihat dibagian bawah Access Point). Biasanya username : admin , password : admin. Kemudian tekan Enter.

10.  Kita telah masuk dihalaman Admin AP, disinilah kita mengkonfigurasi atau me-manage semua pengaturan dan fungsi Access Point.
11.  Masuk ke tab Network, tentukan pengaturan standard sbb :

 Kemudian klik Save.
12.   Lalu masuk ke tab Wireless (bawahnya tab Network), setting nama SSID misal : Alvin In  The Web, Region : Indonesia, Channel : Automatic, Mode: 54Mbps (802.11g). Klik Save

13.  Masuk ke tab Wireless Mode, disitu terdapat berbagai pilihan kegunaan TP-LINK ini mulai dari Access Point hingga Repeater, tinggal kita saja yang menentukan sebagai apakah TP-LINK ini. Sesuai misi kita, kita gunakan TP-LINK ini sebagai Access Point. Maka pilih Access Point dan checklist pada Enable SSID Broadcast, klik Save.

14.  Terakhir kita masuk ke tab DHCP pilih Enable klik Save.

15.  Selesai. Gimana sob mudah bukan cara penyettingannya? Sekarang tinggal kita test melalui Laptop/PDA/Perangkat Wi-Fi lainnya. Selamat mencoba … 

Sumber Artikel

Sumber Artikel : 
Sumber Video   : 

Video Tutorial


Sekian dan Terimakasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Setting dan Konfigurasi Access Point"

Post a Comment